feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Star Sport

Organisasi Pertahanan Persib Dimatangkan


AHMAD YANI, (GM).-Menjelang pertandingan melawan Deltras Sidoarjo di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Rabu (22/10), pelatih Persib Bandung, Jaya Hartono terus mematangkan organisasi pertahanan pasukannya. Pada sesi latihan sore di Stadion Persib, Jln. A. Yani Bandung, Jumat (17/10), Jaya terlihat fokus menggenjot para pemain belakang, terutama trio Maman Abdurahman, Nyeck Nyobe Georges Clement, dan Edi Hafid Murtado.


"Sore ini (kemarin, red), fokus latihan kita memang kepada organisasi dan koordinasi di lini pertahanan. Karena itu, berbagai variasi set piece saya berikan dalam latihan kali ini untuk diantisipasi pemain belakang," kata Jaya usai memimpin sesi latihan sore kemarin.
Berdasarkan pengamatan "GM", pada sesi latihan kemarin, Jaya terlihat semakin matang memasang Edi Hafid sebagai stoper pengganti Nova Arianto yang harus absen akibat hukuman akumulasi kartu kuning. Dalam latihan set piece itu, Edi Hafid sudah dipasangkan dengan Nyeck di posisi stoper dan Maman yang tampil sebagai libero.


Ketiga pemain belakang Persib itu didampingi dua bek sayap, Gilang Angga Kusumah dan Hari Salisburri yang harus membantu lini pertahanan. Kelima pemain ini harus mengantisipasi berbagai variasi umpan silang, serta tendangan bebas di sekitar areal penalti.
"Tujuannya memang agar para pemain belakang kita bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan serangan lawan, baik itu dari umpan crossing maupun bola-bola mati tendangan bebas," ujar mantan pelatih Deltras ini.


Percaya Edi
Semakin mantapnya Jaya untuk memasang Edi Hafid sebagai starter pada saat menghadapi Deltras nanti diakui secara terbuka oleh Jaya. Ia mengatakan, pemasangan Edi Hafid bukan semata lantaran tidak ada pilihan lain, menyusul cederanya Waluyo, tapi karena ia percaya dengan kapasitasnya.


"Saya percaya dengan kemampuan Edi Hafid. Lagi pula, dia sudah lama bermain di Persib. Soal pematangan dalam sesi latihan kali ini, hanya karena Edi Hafid jarang mendapatkan kesempatan. Buktinya, dia main bagus saat bermain di Semarang melawan PSMS," kata Jaya.
Jaya juga tidak meragukan kalau Edi Hafid bakal tampil grogi pada saat dipercaya menjadi starter untuk pertama kalinya pada musim ini. "Sedikit nervous mungkin. Tapi, saya sudah meminta Maman, sebagai pemain paling belakang (libero, red), untuk terus berkomunikasi dan memompa semangat Edi Hafid. Saya percaya, tidak ada persoalan," kata Jaya.


Kendati fokus latihan lebih ke organisasi pertahanan, namun Jaya juga tetap meminta para pemain depan yang diplotnya bakal dipasang pada saat melawan Deltras, yaitu Rafael Alves Bastos dan Hilton Moriera, untuk tetap serius dalam melakukan duel dengan pemain belakang.
"Dengan begitu, selain organisasi pertahanan bisa didapat, pemain depan juga bisa mengasah kemampuan untuk menerobos lini pertahanan lawan," kata Jaya. (B.82)**




0 komentar:

Posting Komentar